Thursday, November 08, 2012

Re-Born Honda S-90 1969


 Modif Honda S90 1969 (iseng yang jadi hobi)

 
Berawal dari sekedar iseng-iseng ketika melihat Honda S90 dalam keadaan sekarat, akhirnya saya putuskan untuk membenahi motor tua yang konon katanya pernah menjadi ikon motor besutan kawula muda pada masa itu.

Pada awalnya yang mendapat sentuhan hanyalah bagian mesin, tapi ternyata tidak membuahkan hasil yang memuaskan. mesin bisa hidup, berjalan normal, tapi tidak indah dipandang saat motor di parkir diatas keramik putih, oli berceceran kemana-mana karena packing bocor dan sulit untuk diakali.
Dan akhirnya saya putuskan untuk menggunakan mesin HONDA WIN 100, namun usaha ini sedikit menguras tenaga dan fikiran karena dudukan baut gantungan mesin dan perbukaan lekukan mesin tidak sama dengan yang aslinya, akhirnya dengan bantuan CREW PAMARAYAN MOTOR mesin Honda Win Pun dapat terpasang rapih.

Kurang puas dengan tampilan mesin Honda Win yang terlihat kurang macho, siasat barupun diterapkan dengan memasang head honda legenda.
Ini tampilan mesin yang telah terpasang di rangka S90 dengan kombinasi head Honda Legenda yang bening (berkat batu ijo,,,, hehehehe).


Melihat mesin telah terpasang rapi dan eyecatcing, rasanya kurang pantas kalau motor masih terlihat kumel dan tidak indah dipandang mata. motorpun diboyong ke bengkel PAMARAYAN MOTOR yang beralamat di Jl. Raya Jiput Kp. Pamarayan ini. Sang pemilik bengkel, Bpk. Yayan dan Crew (Wawan Cacing dan Bambang) menyarankan agar motor disiram dengan cat warna biru (kebelutan sesuai dengan warna bawaan). proses pengerjaan dari mulai dempul mendempul, gosok menggosok dan siram menyiram memakan waktu sekitar 1 bulan lamanya. termasuk mempersiapkan accesoris lain seperti: saluran gas buang (knalpot), lampu-lampu, peredam kejut, jok, spakbor dan velg aluminium.

Dan akhirnya motor jadul yang tadinya kumel, kumuh dan tidak dipedulikan banyak orang menjelma menjadi motor bening dan dan membanggakan.

Ini penampakannya:
 Mejeng bareng dengan honda 90 kesayangan

Gambar artis favorit selalu nempel kemanapun motor ini pergi

Tangki bensin HONDA S90Z

Saluran gas buang CB membuat suara mesin jadi gahar

Data Modifikasi:
Mesin : Honda Win 100
Tanki Bensin : Honda S90Z
Head dan Boring : Honda Astrea Legenda oversize 100
Karburator : Kawasaki KAZE
Pengapian (CDI dan Spul) : Yamaha RX King
Lampu-lampu : Honda CB 125
Saluran Gas Buang : Honda CB 125
Velg : Sprint 17"
Ban Depan dan Belakang : IRC 17"
Shockbreaker Depan : Honda Win 100
Shockbreaker Belakang : Honda Supra
Lengan Ayun : Honda Super Cub
Cat, Vernis dan Thinner : PU
Total Biaya Modif : Rp. 6.500.000
Bengkel Modif : Pamarayan Motor







3 comments: